Selasa, 27 November 2012

Ko-so-a-do kotoba

Konnichiwa, selamat siang pembaca setia membacayuuk.blogspot.com ^^ kali ini aku mau berbagi kisi-kisi untuk menguasai bahasa Jepang. Biasanya kita menyebutnya Jotatsu No Kotsu yang artinya kunci untuk maju.
Jika kita ingin lancar berbahasa Jepang, sebaiknya kita juga harus mengerti kebudayaan Jepang itu seperti apa. Nah untuk Jotatsu no kotsu yang pertama ini kita akan bahas tentang ko-so-a-do kotoba. Apa itu?? hahaha aku juga ga tau. Yuuk kita belajar bersama

Ko-so-a-do kotoba terdiri atas suku kata pertama dari kata-kata penunjuk, kore, sore, dan are serta kata tanya dore, yang berarti "yang mana". Kotoba artinya "kata". Ko-so-a-do kotaba yang digunakan untuk menunjukkan tempat atau lokasi adalah koko yang berarti "di sini", soko yang berarti "di situ", asoko yang berati "di sana", dan doko yang berarti "mana".

Udah sedikit tau kan ko-so-a-do kotoba itu apa? oke lanjut ya ^^

Ko-so-a-do kotoba ini sangat berguna karena bisa dipakai sebagai pengganti nama yang konkrit. Tapi lawan bicara kita harus mengerti maksudnya, karena sering sekali terjadi salahpaham loh. Contohnya, ada pasangan suami istri yg sudah lama menikah. Si suami berkata kepada istrinya "ambilkan itu". Yang dimaksud adalah surat kabar, tapi justru sang istri mengambil kacamata.

ここ
KOKO
Di sini


そこ
SOKO
Di situ


あそこ
ASOKO
Di sana

Nah, sampe sini dulu ya Jotatsu No Kotsu hari ini, sampe ketemu di postingan selanjutnya.
Sayonara ^^

2 komentar:

Terima kasih telah memberi komentar