Senin, 26 November 2012

Belajar Bahasa Jepang (Perkenalan)

Hai semua pembaca setia membacayuuk.blogspot.com. Hari ini aku mau ngajak kalian semua nih buat ngelanjutin proses belajar bahasa jepang. Di postingan sebelumnya kita sudah belajar aksara Jepang Katakana dan Hiragana. Sudah hafal semua kan? Kalo belum hafal, berarti menghafalnya harus lebih giat lagi ya, GANBATE !! ^_^

Oke, hari ini kita akan belajar pada Bab selanjutnya, yaitu perkenalan. Dalam semua bahasa, perkenalan dan salam itu penting. Jadi untuk memulai belajarnya kalian perhatikan contoh percakapan di bawah ini ya.


はじめまして。
HAJIMEMASHITE.                                                                       Apa kabar?

私わたしはクオンです。
WATASHI WA KUON DESU.                                                       Saya Kuon.

ベトナムから来きました。
BETONAMU KARA KIMASHITA.                                                Saya berasal dari Vietnam.

よろしくお願ねがいします。
YOROSHIKU ONEGAI SHIMASU.                                                  Senang bertemu Anda.


Tata Bahasa

--> Saat kalian memperkenalkan diri, ucapkan "watashi wa_________desu". Itu artinya adalah "Nama Saya ________".
Penjelasan : Hmmmm, gimana ya menjelaskannya, hahaha aku juga bingung. Oke gampangnya gini. Watashi artinya Saya, sedangkan Wa di belakangnya merupakan partikel pelengkap. Kalo di bahasa Inggis namanya "to be". Lalu bagaimana kalo misal kita mau memperkenalkan teman kita juga? Ya gampang, tinggal ganti kata Watashi menjadi Kare.
Sehingga kalimatnya menjadi "Kare wa_____" yang artinya "Dia______"

--> Nah, untuk menjadikannya bentuk lampau atau kalo bahasa Inggris namanya Simple Past, tinggal ganti saja bentuk kerja -masu menjadi -mashita.
Contohnya : kimasu (datang) -------------> kimashita (sudah datang)
                     ikimasu (pergi) --------------> ikimashita (sudah pergi)

Sapaan dalam Bahasa Jepang


おはようございます
OHAYÔ GOZAIMASU
Selamat pagi


こんにちは
KONNICHIWA
Selamat siang


こんばんは
KONBANWA
Selamat malam


さようなら
SAYÔNARA
Sampai jumpa

Nah, sampai sini dulu ya pelajaran hari ini. aku mau lanjut ngerjain tugas PSG dulu, doakan lancar ya :D
Sayonara ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar